Tahukah Kamu Bagaimana Cara Merawat Laptop Dengan Baik Dan Benar ?

Hai Pembaca ?
Bagaimana Kabarnya ? Mudah mudahan selalu sehat dan selalu dalam keadaan baik ya... (AMIEN)

Hostinux Blog Admin ingin berbagi sedikit nie tentang cara merawat merawat laptop dengan baik dan benar, sesuai dengan kaidah kaidahnya,hhehehe. Laptop adalah alat bantu yang di gunakan brainware (manusia) sebai olah data ( kata guru saya sihc ), Agar si laptop yang kita gunakan untuk kebutuhan kerja dan kebutuhan masing masing pengguna laptop. Perawatan laptop secara baik dan benar memang sangat di butuhkan bagi setiap pengguna laptop, agar si laptop awet , tidak mudah rusak, tidak lemot, windows selalu dalan kondisi fix, siap untuk di buat kerja, baik dari segi hardware dan software-nya.

Berikut ini sedikit tips Cara merawat laptop dengan baik dan bedar, perawatan laptop dari segi hardware & software laptop :

1. ( Hardware - Mainboard Laptop ) Penggunaan laptop dengan waktu yang lama, lebih dari 4-6 jam, pastikan untuk menambahkan fan atau kipas external pada samping laptop, agar si hardware laptop ketika kerja dengan suhu temperatur tinggi bisa membantu mengurangi panas pada harware si laptop terlebih pada bagian mainboard. Dengan fan atau kipas tersebut, sangat mengurangi panas saat hardware si laptop kerja dengan waktu yang lama dan saat kerja berat.

2. ( Hardware - Hardisk Laptop ) Perawatan laptop pada hardisk agar tidak mudah cepat rusak atau sering terkena bad sector kata teknisi komputer sich, mengeluarkan aplikasi yang berjalan ketika laptop hendak di shutdown, jangan menekan tombol power dalam keadaan laptop masih menyala, Shutdown laptop tunggu hingga indikator led mati. Jangan memaksakan si laptop ketika masih dalam keadaan loading.

3. ( Hardware - Keyboard Laptop ) perawatan laptop yang baik dan benar pada bagian keyboard adalah mersihkan bagian atas keyboard laptop secara teratur, jika terkena debu atau kotoran dengan menggunakan facum atau alat lainnya, jika tidak punya pakai kuas kecil buat nge-cat itu lohc, guna agar keyboard tidak mudah rusak akibat bayak debu yang masuk.

4. ( Hardware - LCD Laptop ) Bersihkan LCD laptop secara teratur, jangan menggunakan air atau bahan cairan lainnya kecuali cliner cair yang kita beli dari toko laptop komputer terdekat.

5. ( Hardware Software ) Jauhkan Si Laptop dari benda cair dan panas, hehehehehe (Anak Kecil Juga Tahu Kaliiii Massss).

6. ( Software - Windows sering terjadi Instal ulang karena di sebabkan lemot, file corup, atau tidak bisa masuk windows, botlop(Bootting Rusak). Perawatan laptop dengan baik dan benar pada windows adalah cukup sederhana, jangan meng-instal software / aplikasi yang tidak berguna, jika ingin aman gunakan defreez ( mengembalikan settingan awal pada wondows). Selain itu gunakan aplikasi ccleaner untuk membersihkan temp atau berkas catatan kerja pada windows laptop, selain itu ccleaner juga berfungsi untuk membersihkan dan memperbaiki file registry yang rusak. Ccleaner juga bisa untuk meng hapus aplikasi yang tidak berguna.

7. ( Software - Hardware Si Laptop ) Games, hobi main games memang asyik, tapi ada satu hal yang harus kita ngerti, si laptop yang sering di buat games dalam waktu panjang bisa mengakibatkan IC Utaman pada laptop cepat drop out alias RUSAK ( Not Display ), Hindari penggunaan games berat berlebihan, contoh PESS2015, bisa di jamin laptop tidak akan bertahan lama hehe.

8. ( Hardware Laptop ) Oh iya satu pengalaman dari ane, jangan menggunakan laptop di atas kasuh, karena sirkulasi fan/kipas processor tidak bisa bekerja dengan maksimal akibat terhambatnya kasur pada lubang lubang laptop untuk sirkulasi udara pada fan/kipas tersebut.

Hai pembca ngantuk yaaac..... ?
Apakah Cara Perawatan laptop dengan baik dan benar ini bisa membantu ?
Hehehehe, tulisan singkat dari ane ini asli dari pengalaman ane sebagai teknisi komputer dan servis laptop di rumah, mudah mudahan perawatan laptop dengan baik dan benar ini bisa di terapkan pada laptop masing masing, sehingga laptop selalu dalam keadaan Fix dan Sehat ( AMIEN ). Jika ada kesalahan dari tulisan ane mohon di beri masukan yup ? Comment ya di post ini. Wassallam.....

Comments