Pengertian Ethernet Dan Fungsinya

Ethernet Dan Fungsinya yang awal mulanya diciptakan sebagai alat atau cara untuk menghubungkan printer ke komputer, tapi seiring dengan perkembangan teknologi ethernet sudah menjadi hardware yang sangat berguna sekali untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain untuk saling berkommunikasi. Yang di hubungkan dengan kabel yang merujuk dengan protocol untuk saling berbicara satu sama lain. Dan bahkan hampir disetiap komputer dan laptop sudah terdapat ethernet yang berfungsi untuk koneksi internet. 


Menggunakan Ethernet memiliki dua keuntungan utama. Keuntungan pertama adalah bahwa  perangkat baru dengan mudah dapat ditambahkan ke jaringan yang ada tanpa harus mengkonfigurasi ulang seluruh jaringan dan semua perangkat di dalamnya. Jaringan menggunakan Ethernet memiliki tingkat skalabilitas yang dapat sangat berguna dalam bisnis yang berkembang dan tumbuh. Keuntungan utama kedua dari Ethernet adalah bagian dari itu dikenal sebagai 'alamat Ethernet'. Ketika sepotong data yang dikirim melalui jaringan itu diterima oleh semua perangkat lain di jaringan. Tanpa Ethernet alamat ini dapat menyebabkan kemacetan dan memperlambat jaringan turun sebagai setiap perangkat akan mencoba untuk memahami data yang telah diterima. Dengan Ethernet setiap paket data memiliki alamat sumber dan alamat tujuan (seperti surat akan memiliki alamat tujuan dan alamat pengirim). 


Ketika perangkat pada jaringan menerima data mereka akan memeriksa untuk melihat apakah mereka adalah 'penerima', jika mereka tidak mereka akan mengabaikan data. Jika perangkat menginginkan semua perangkat lain pada jaringan untuk mengambil bagian tertentu dari data, alamat broadcast akan digunakan sebagai gantinya.


Untuk menghindari 'tabrakan' data, Ethernet menggunakan apa yang disebut CSMA / CD atau carrier-rasa multiple access dengan deteksi tabrakan'. Hal ini dapat dilihat sebagai banyak seperti percakapan. Perangkat yang ingin mengirimkan data akan 'mendengarkan' untuk melihat apakah ada perangkat lain sudah transmisi. Hanya jika tenang akan perangkat mulai mengirimkan datanya. Tabrakan dapat terjadi jika dua perangkat 'mendengar' bahwa jaringan adalah tenang dan mulai baik transmisi pada saat yang sama. Jika hal ini terjadi maka perangkat akan berhenti transmisi dan akan menunggu jumlah acak waktu sebelum mereka mencoba lagi. Menggunakan jumlah acak yang berbeda setiap kali berarti bahwa perangkat tidak mungkin bertabrakan lagi. 


Ada beberapa komponen lainnya, sedikit lebih canggih, yang dapat ditambahkan ke jaringan. Sebuah repeater dapat ditambahkan ke jaringan dan akan mengulangi transmisi data yang 'mendengar' - ini berarti bahwa sinyal dapat melakukan perjalanan di sepanjang jarak yang lebih besar. 'Jembatan' Ethernet juga dapat ditambahkan ke jaringan jika ada terlalu banyak perangkat terhubung mengakibatkan kemacetan. Sebuah jembatan akan menghubungkan berbagai bagian dari jaringan tetapi juga akan mengatur lalu lintas. 


Sebuah jembatan Ethernet akan memeriksa alamat tujuan dari data yang dikirim dan akan menentukan apakah perlu diteruskan ke bagian lain dari jaringan. Penggunaan jembatan berarti bahwa data tidak menyumbat jaringan dengan sedang dikirim tidak perlu ke berbagai bagian jaringan. Ethernet switch cukup mirip dengan jembatan di bahwa hal itu juga dapat memperluas diameter jaringan dan mengatur lalu lintas. Namun, dengan Ethernet switch data hanya akan diteruskan ke perangkat penerima yang dimaksud daripada daerah seluruh jaringan.

Perawatan Laptop Dengan Baik Dan Benar
Software Antivirus Terbaik Untuk Windows
 

Comments